Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah Pada Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah Sultan Agung Ngawen Blora
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode role playing pada siswa kelas XI MA Sultan Agung Ngawen Blora. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS sejarah siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari bertambahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 59.64 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 44.74% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 73.13 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 84.2%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan. Kata kunci : hasil belajar IPS, metode pembelajaran role playing.References
Arsyad Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali.
Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Etin Solihatin dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hermansyah. (2003). Pendidikan yang Humanis. Jurnal Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sultan Syarif Qasim Pekan Baru Riau. Vol.2, No. 1 Juni 2003.
Miftahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution. (2006). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMA, MA, SMK dan MAK).
Rochiati Wiriaatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati dan Asra, M. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.