Aqidah Akhlak
Abstract
SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) salah satu mata pelajaran PAI yang masih rendah perolehannya, banyak siswa yang hasil belajar masih di bawah KKM. Hal ini menunjukkan adanya indikasi masih rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas. Untuk mengetahui mengapa prestasi siswa tidak seperti yang diharapkan, tentu guru perlu merefleksi diri untuk dapat mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakberhasilan siswa dalam pelajaran SKI. Rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran SKI ini merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil perolehan siswa terhadap pelajaran ini. sehingga pemahaman siswa terhadap materi pelajaran masih rendah. Maka dari itu pemajangan nilai dan peringkat Kelas merupakan suatu upaya untuk Meningkatkan motivasi siswa yang terindikasi dari hasil belajar SKI yang meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam merancang strategi pembelajaran. Disamping itu juga sebagai upaya merefleksi diri terhadap kinerja yang telah dilakukan, sehingga dapat melakukan perubahan dan perbaikan kualitas pembelajaran.Dengan pemajangan nilai dan peringkat kelas diharapkan siswa termotivasi. Dan minat siswa untuk memahami pelajaran SKI semakin besar, sehingga sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Keyword : Aqidah AkhlaqReferences
Irawan Sartono, Metode Penelitian Sosial : Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002.
Maman Rahman, Strategi dan Langkah-langkah Penelitian, Semarang : IKIP Press, 1992.
Muhammad Ali, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2000.
Ngalim Purwanto, 1997, Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Paerwadarminta, 1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Stepen P Rabbins, 2001, Organization Behavior, New Jersey : Prentice Hall.
Suharsimi Arikunto, 1997, Prosedur Penelittan Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1997.
Suyatna, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: MaSsmedia Buana Pustaka, 2009.
Winarno Surachrnad, 1982, Dasar dan Teknik Research Pengantar
Metodologi Ilmiah, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikoiogi UGM.