EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PGMI STAIM BLORA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mahasiswa PGMI STAI Muhammadiyah Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada evaluasi pembelajaran menggunakan media online. Populasi penelitian yakni seluruh Mahasiswa PGMI yang mengikuti Mata Kuliah Pembelajaran Matematika menggunakan metode daring. Sampel penelitian yakni mahasiswa PGMI STAI Muhammadiyah Blora yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan Mahasiswa menilai pembelajaran matematika menggunakan media online sangat efektif (23,2%), sebagian besar mereka menilai efektif (48,8%), dan menilai biasa saja (18%). Meskipun ada juga mahasiswa yang menganggap pembelajaran daring tidak efektif (10%), dan sama sekali tidak ada (0%) yang menilai sangat tidak efektif. Akhirnya, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring matematika selama pandemi covid-19, maka pendidik harus memenuhi sepuluh saran dari responden, yakni: (1) perkuliahan dilakukan melalui video call; (2) pemberian materi perkuliahan yang ringkas dan menarik; (3) meminimalisir mengirim materi dalam bentuk video berat untuk menghemat kuota; (4) pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami; (5) tetap memberikan materi sebelum adanya penugasan; (6) pemberian soal yang variatif dan berbeda tiap mahasiswa; (7) pemberian tugas harus disertakan cara kerjanya; (8) memberikan tugas sesuai dengan jadwal perkuliahan; (9) mengingatkan mahasiswa jika ada tugas yang diberikan dan menagih apabila sudah mendekati deadline; dan (10) mengurangitugas.References
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis.
Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22.
https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elearning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.
Bawelle, C. F. N., Lintong, F., & Rumampuk, J. (2016). Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas
Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. Jurnal EBiomedik, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.35790/ebm.4.2.2016.14865.
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8(2), 172–181.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102.
https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1–13.
Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86.
https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning
Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri
Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66.
https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan
Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA
Journal of Science Education, 3(3), 167–173.
https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.
Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis ELearning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual
(Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
(PAN & RB) Nomor 50/2020 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran
Menteri PAN & RB Nomor 19/2020.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51
Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Pada TK, SMP, SMA, dan
SMK.
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi.
Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia, 1(2), 227–232.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243.
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul
Quro, 6(2), 20–35.
Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning
Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan
Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563.
Sidabutar, L., Adhitya, T., Wong, F., Rici, M., & Wibisono, Y. P. (2019). Analisis
Pengaruh Game Online Mobile Terhadap Kesehatan Mata Pada Mahasiswa
FTI UAJY. Sintak 2019, 3, 402–410.
Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
(PAN & RB) Nomor 50/2020.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
(JKTP), 1(1), 13–18.
Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi
Pembelajaran.
Pythagoras, 2(1), 10–23.
Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.