Pendidikan Konsep Ta'dib Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Muslim Menjadi Saintis Beradab
Abstract
Artikel ini membahas tentang pendidikan Islam yang selalu mendapat berbagai tantangan krusial dari masa ke masa. Oleh karenanya, pendidikan Islam harus mampu membentuk generasi yang dapatmengikuti perubahan zaman yang penuh dengan tantangan serta menjadi manusia beradab.Reformasi pendidikan Islam dapat mengupayakan membangkitkan kembali tujuan pendidikan Islam yang lebih baik untuk membangun dan meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat Muslim dengan tetap merujuk kepada Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber ajarannya. Konsep ta'dib yang digagas oleh Syed Muhammad An-Naquib Al-Attasdengan Islamisasi ilmu pengetahuannya dapat dijadikan rujukan suatu reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi perubahan zaman. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan pendidikan konsep ta'dib sebagai upaya pembentukan karakter muslim menjadi saintis beradab, yaitu manusia yang menerapkan adab terhadap ilmu, manusia yang berpandangan hidup Islam dan menguasai ilmu-ilmu Islam secara integratif yang akan berpengaruh besar terhadapa adab kepada objek-objek lainnya. Menurut Al-Attas intelektual yang beradab kepada ilmu akan mengenal dan mengakui bahwa seorang berilmu kedudukannya lebih luhur dan.Maka pendidikan Islam harus memposisikan diri yang sesuai dengan pedoman dan ajaran nilai-nilai Islam agar bisa direformasi, diadopsi dan dikembangkan sehingga tetap dapat mengikuti perkembangan zaman.References
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 1987. Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Kerangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam (terj). Bandung: Mizan.
Al-Attas,Syed Muhammad Naquib. 1995.Prolegomena to the Metafhysics of Islam an Exposition of the Fundamental Element of the Worldview Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib.1999.The Concept of Education in Islam; A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC. Asy'ari, Hasyim. 1995.
Adabu al-Alim wa al-Muta'allim.Jombang: Maktabah Turats Islamiy. Fajar,Malik. 1999. ReorientasiPendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia. Hasan, Amin. 2011. "Ta'dib",Konsep Ideal Pendidikan Islam. https://www.hidayatullah.com. Mahmud. 2011.Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia. Muhaimin. 2006. NuansaBaruPendidikan Islam: menguraibenangkusutduniapendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Primani, Amie & Khairunnas. 2016. Pendidikan Holistik. Jakarta:
Al Mawardi Prima. Thoha,Anis Malik. 2005.Tren Pluralisme Agama, Tinjauan Kritis. Jakarta: Perspektif. Wastuti. 2009. Konsep Ta'dib Dalam Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Sayyed Muhammad Naquib al-Attas). Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.