Analisis Materi Tarikh Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora Dengan Pendekatan Strategi Time Lime

Authors

  • M Nurul Ulum PGMI STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Tarikh merupakan mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/ peradaban pada di masa lampau mulai dari dakwah nabi muhammad saw pada periode mekah dan madinah, kepemimpinan umat setelah rasululloh SAW Wafat sampai perkembangan islam periode klasik, abad pertengahan/zaman kemunduran, dan masa modern/masa kebangkitan serta perkembangan islam di indonesia dan dunia Pembelajaran sejarah dianggap tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkapkan kembali pada saat menjawab soal ujian Sejarah hanya disampaikan dengan ceramah, padahal materi Tarikh sudah diperoleh siswa sejak jenjang pendidikan tingkat Sekolah dasar dan dari berbagai informasi Melihat berbagai masalah yang muncul terkait dengan tuntutan dunia pendidikan, kesulitan siswa dalam belajar dan cakupan Tarikh yang luas, maka guru harus dapat memberikan tawaran untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskiripsikan Konsep Pelajaran Tarikh Pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora, (2) mendeskiripsikan upaya Konsep Materi Pelajaran Tarikh Pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora ditinjau dengan strategi Time Line? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian library research (Penelitian kepustakaan) Studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan Penelitian. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1) Materi Tarikh kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora dengan pendekatan time line mempelajari materi dakwah nabi muhammad saw di kota mekah sampai perkembangan kebudayaan islam dinasti bani ummayah, dengan beberapa materi yaitu bab 1 Subtansi dan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW peiode Mekkah, bab 2 faktor-faktor yang mendukung dakwah Nabi Muhammad periode mekkah, bab 3 Subtansi dan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW peiode Madinah bab 4 faktor-faktor yang mendukung dakwah Nabi Muhammad periode Madinah bab 5 Sejarah pertumbuhan perkembangan dan keruntuhan pemerintahan Islam di Siria, Turki dan India sebelum abad ke XX, (2)Konsep Materi Pelajaran Tarikh Pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora ditinjau dengan strategi Time line adalah materi pembelajaran Tarikh di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora yang menggunakan strategi Time line dalam menyusun materi, dengan metode, atau media dalam mendukung pembelajaran Tarikh.

References

Abdul Latif M, Metode Pembelajaran Tarikh Atau SKI, Jurnal Kompasiana, 2015

AH Sanaky, Hujair Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2015

Armai Arief, Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam, Jakarta : Ciputat pers 20022

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2013

Departemen Agama Islam RI,an- nahl, Klaten: Macanan Jaya Cemerlang, 2009

Fauziyah Siti, Pendidikan SKI di Madrasah Ibtidaiyah (Jakarta: Prenadamedia Group), 2012

https://www.republika.co.id/berita/p4lt02313/memahami-ilmu-tarikh diakses tanggal 10 Desember 2021

Inda Sari Dan Siradjuddin, "Penggunaan Media Time Line Pada Mata Pelajaran SKI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Tsanawiyah Sumberwaru Gresik", Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no2 3 (2017)

Jurnal Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah, Rahmah fauziah Madjid, M Dien dan Wahyudi, Johan2 Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar, Jakarta: Prenada Media Group2 2014

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007

Margono, S2 Metodologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta 20032 Masitoh dan Laksmi Dewi, 2009

arhad Abbas, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, Artikel Islami, 2012

Mestika Zed, Metodologi Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,) 2004

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010

Rusdi Sulaiman, Pengantar Metodologi Studi Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015

Strategi Pembelajaran, Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam2 Misnal

Munir, Filsafat Sejarah, Yogyakarta:Gadjah Mada UniWersity Press, 2014

Syaiful Bahri djamarah Strategi Belajar mengajar, Jakarta: PT2 Rimeka cipta, 2016

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT2Remaja Rosdakarya, 2000

Ustman Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002

Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak, Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam,(online), Volume 2 Nomor 2 Agustus 2019, UniWersitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Ulum, M. N. (2021). Analisis Materi Tarikh Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora Dengan Pendekatan Strategi Time Lime. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 32–45. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/94

Issue

Section

Articles