Analisis Materi Tarikh Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora Dengan Pendekatan Strategi Time Lime
Abstract
Tarikh merupakan mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/ peradaban pada di masa lampau mulai dari dakwah nabi muhammad saw pada periode mekah dan madinah, kepemimpinan umat setelah rasululloh SAW Wafat sampai perkembangan islam periode klasik, abad pertengahan/zaman kemunduran, dan masa modern/masa kebangkitan serta perkembangan islam di indonesia dan dunia Pembelajaran sejarah dianggap tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkapkan kembali pada saat menjawab soal ujian Sejarah hanya disampaikan dengan ceramah, padahal materi Tarikh sudah diperoleh siswa sejak jenjang pendidikan tingkat Sekolah dasar dan dari berbagai informasi Melihat berbagai masalah yang muncul terkait dengan tuntutan dunia pendidikan, kesulitan siswa dalam belajar dan cakupan Tarikh yang luas, maka guru harus dapat memberikan tawaran untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskiripsikan Konsep Pelajaran Tarikh Pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora, (2) mendeskiripsikan upaya Konsep Materi Pelajaran Tarikh Pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora ditinjau dengan strategi Time Line? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian library research (Penelitian kepustakaan) Studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan Penelitian. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1) Materi Tarikh kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora dengan pendekatan time line mempelajari materi dakwah nabi muhammad saw di kota mekah sampai perkembangan kebudayaan islam dinasti bani ummayah, dengan beberapa materi yaitu bab 1 Subtansi dan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW peiode Mekkah, bab 2 faktor-faktor yang mendukung dakwah Nabi Muhammad periode mekkah, bab 3 Subtansi dan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW peiode Madinah bab 4 faktor-faktor yang mendukung dakwah Nabi Muhammad periode Madinah bab 5 Sejarah pertumbuhan perkembangan dan keruntuhan pemerintahan Islam di Siria, Turki dan India sebelum abad ke XX, (2)Konsep Materi Pelajaran Tarikh Pada kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora ditinjau dengan strategi Time line adalah materi pembelajaran Tarikh di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Blora yang menggunakan strategi Time line dalam menyusun materi, dengan metode, atau media dalam mendukung pembelajaran Tarikh.References
Abdul Latif M, Metode Pembelajaran Tarikh Atau SKI, Jurnal Kompasiana, 2015
AH Sanaky, Hujair Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2015
Armai Arief, Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam, Jakarta : Ciputat pers 20022
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada, 2013
Departemen Agama Islam RI,an- nahl, Klaten: Macanan Jaya Cemerlang, 2009
Fauziyah Siti, Pendidikan SKI di Madrasah Ibtidaiyah (Jakarta: Prenadamedia Group), 2012
https://www.republika.co.id/berita/p4lt02313/memahami-ilmu-tarikh diakses tanggal 10 Desember 2021
Inda Sari Dan Siradjuddin, "Penggunaan Media Time Line Pada Mata Pelajaran SKI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Tsanawiyah Sumberwaru Gresik", Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no2 3 (2017)
Jurnal Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah, Rahmah fauziah Madjid, M Dien dan Wahyudi, Johan2 Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar, Jakarta: Prenada Media Group2 2014
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007
Margono, S2 Metodologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta 20032 Masitoh dan Laksmi Dewi, 2009
arhad Abbas, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, Artikel Islami, 2012
Mestika Zed, Metodologi Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,) 2004
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010
Rusdi Sulaiman, Pengantar Metodologi Studi Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015
Strategi Pembelajaran, Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam2 Misnal
Munir, Filsafat Sejarah, Yogyakarta:Gadjah Mada UniWersity Press, 2014
Syaiful Bahri djamarah Strategi Belajar mengajar, Jakarta: PT2 Rimeka cipta, 2016
Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT2Remaja Rosdakarya, 2000
Ustman Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002
Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak, Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam,(online), Volume 2 Nomor 2 Agustus 2019, UniWersitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)