Urgensi Literasi Digital Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua

Authors

  • Ahmad Teguh Purnawanto PAI STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan hikmah salah satunya adalah percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya di dunia pendidikan. Dimana masyarakat menjadi terbiasa menggunakan fasilitas digital untuk mentransformasi data dan informasi yang perlu diakses. Dalam menghadapi PJJ di masa pandemi ini, guru, siswa maupun orang tua perlu memiliki satu pemahaman literasi digital. Implementasi literasi digital harus semakin didorong terlebih di masa pandemi ini. Pendidikan berbasis digital menjadi transformasi yang tepat di tengah perpaduan situasi pandemi dan perkembangan teknologi informasi. Ruang kelas di sekolah bukan lagi menjadi fasilitas utama penunjang keberlangsungan pembelajaran. Sehingga guru dituntut memberikan materi secara virtual ataupun online kepada para peserta didik lewat kelas virtual ataupun fasilitas kelas digital. Literasi digital bertujuan untuk menanamkan kesadaran, keterampilan, dan pengetahuan baru untuk memahami cara beraktivitas di ruang digital secara produktif, bijaksana, dan kreatif. Empat pilar literasi digital untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman mengenai perangkat teknologi informasi dan komunikasi, yaitu digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety.

References

Acep Syaripudin dkk, 2018 diakses melalui ttps://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2019/04/4.-Seri-Buku-Literasi-Digital-KerangkaLiterasi-Digital-Indonesia.pdf

Asari, A. (2014). Kesiapan Perpustakaan dalam Menerapkan Teknologi Informasi. Diss. Universitas Gadjah Mada.

Asari, A. (2018). "LITERACY BASED SHARING KNOWLEDGE ON THE

COMMUNITY." ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language,

Literature, Art, and Culture 2.2 (2018):.

Bawden, D. 2001. "Information and Digital Literacy: A Review of Concepts". Journal of Documentation, 57(2)..

Gilster, P. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley.

Nahdi, D.S. & Jatisunda, M.G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Clasroom di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 6 Nomor 2.

Nasrullah, Rullie, dkk. 2017. Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Redaksi Kemdikbud.go.id. (2020). Kemdikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah [Online]. Available:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbudterbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

UNESCO. 2011. Digital Literacy in Education. Moscow: UNESCO Institute for Information Technologies in Education

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Purnawanto, A. T. (2021). Urgensi Literasi Digital Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 85–98. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/97

Issue

Section

Articles