Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Di Masa Pandemi

Authors

  • Rina Murtyaningsih PAI STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan Islam di SD Muhammadiyah Blora agar bisa mencapai tujuan pendidikan Islam yang efektif dan efisien di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, diantaranya: 1) adanya implementasi manajemen kurikulum darurat berbasis pendidikan Islam yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga mampu menciptakan pendidikan Islam yang berkarakter Islami sesuai tuntunan Al-Qur'an dan Hadis, 2) Pihak lembaga membuat SOP terkait program kerja tambahan berupa bimbingan belajar, parenting, pengambilan media dan pelaporan hasil belajar siswa selama pandemi yang dilaksanakan setiap seminggu sekali, 3) Adanya peningkatan kinerja guru serta peningkatan kemandirian dan kedisiplinan dalam diri siswa saat mengimplementasikan kurikulum darurat berbasis pendidikan Islam di SD Muhammadiyah Blora.

References

Bahri, Syamsul, dan Novira Arafah. 2020. "Analisis Manajemen Sdm dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran di Era New Normal." Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education. Vol. 1, 2020. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2.

Fuadi, Ahmad Sahal, and M Anas. 2019. "Implementasi Model CIPP Dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi".

Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan. 2020. "Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga Paud Di Riau." Jurnal Sekolah (JS) 4, no. 3.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lazwardi, Dedi. 2017. "Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan." Kependidikan Islam 7, no. 1

Luhanarky, Ayu. 2019. "Evaluasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di TK Negeri Pembina Cirebon." AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 5; https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5128.

Pagarwati, Lia Dwi Ayu, and Arif Rohman. 2021. "Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education 5, no. 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831.

Prasetia, Senata Adi, and Muhammad Fahmi. 2020 "Reorientasi, Peran Dan Tantangan Pendidikan Islamdi Tengah Pandemi." Jurnal Tarbawi STAI AlFitrah 9. https://doi.org/https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i1.3128.

Subhi, mam. 2020. "Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Di Tengah Pndemi

Covid 19. " Edification Jurnal: Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2020); https://doi.org/doi:https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.213.

Wahyudi, Nyoman Ary. 2020. "Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat, Ini Alasannya."https://kabar24.bisnis.com/read/20200807/15/1276481/kemendikbud .

Wilatikta, Ayu. 2020. "Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jenjang Pendidikan Dasar: Kontekstualisasi Strategi Pembelajaran Semasa Pandemi." Jurnal Ilmu Agama Islam 2, no.2 : 1–12.

http://journal.uml.ac.id/TL/article/view/206.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Murtyaningsih, R. (2021). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 99–110. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/98

Issue

Section

Articles