Pendidikan Humanis Dalam Perspektif Islam
Abstract
Pendidikan humanis adalah solusi paradigmatik atas kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan beragama kita yang pernah mengalami anomali akibat kekerasan yang merebak dalam kehidupan sosial kita, terutamanya yang dikaitkan dengan problem agama. Sikap anti-kemanusiaan yang ditimbul karena padangan sempit ini disebabkan karena beberapa kelompok Islam radikal gagap dalam membaca realitas sosial Pendidikan humanis memandang bahwa perkembangan kognitif atau intelektual sama pentingnya dengan afektif peserta didik yang harus dikembangkan dan merupakan aspek terpenting dalam pendidikan. Jelaslah bahwa pendidikan humanis berorientasi pada pengembangan manusia, menekankan nilai-nilai manusiawi, dan nilai-nilai cultural dalam pendidikan. Sasaran pendidikan humanis adalah membentuk anggota keluarga, masyarakat, dan warga negara baik, yang memiliki jiwa demokratis, bertanggung jawab, memiliki harga diri, kreatif, rasional, objektif, tidak berprasangka, mawas diri terhadap perubahan dan pembaharuan serta mampu memanfaatkan waktu senggang secara efektif. Pendidikan humanis dalam pembelajaran perspektif Islam merupakan cara pendidik memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip- prinsip keislaman dan kemanusiaan. Dalam metode belajar yang humanis, pendidik harus mengoptimalkan seluruh potensi peserta didik agar dapat berpikir kritis dan mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan dan sikapReferences
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 2005. Kepribadian Guru, cet. IV. Jakarta: Bulan Bintang.
Fajri, Em Zul dan Ratu Aprilia Senja. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Ed. revisi, Jakarta: Difa Publisher.Karya Mandiri Pers.
Kementerian Agama RI. 2013. Al-Qur'an Terjemahan, AlHikmah. Bandung; Dipengor
Kusuma, Firman Abdi. 2011. Education and Humanism. Bandung: Sense Publishers.
Luddin, Muchlis R. Negara. 2008. Pendidikan Humanis dan Globalisasi,
(Jakarta: PT. Mulkhan,
Abdul Munir. 2002. Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem
Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nata, Abuddin dan Fauzan. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Hadits, Ciputat: Kencana Press.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran Islam, Cet I; Bandung: ALVABETA.
Supriyatno, Triyo. 2009. Humanitas Spiritual dalam Pendidikan Islam. Malang: Publishing Press.
Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya. Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional,
Tinjauan dari PerspektifPostmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta:
Penerbit Buku Kompas.