Penerapan Metode Proyek dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Ahmad Teguh Purnawanto Pendidikan Agama Islam, STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Pembelajaran sekarang yang difokuskan kepada implementasi Kurikulum 2013 akan berorientasi kepada pembelajaran berbasis masalah ( p r o ble m b a s e d le a r nin g ) , pembelajaran berbasis proyek (project based learning) , pembelajaran berbasis produk (product based learning) dan pembelajaran berbasiskan penyingkapan (discovery based learning ). Khusus dalam pembelajaran berbasiskan produk tentunya sebuah pembelajaran yang dihasilkan adalah sebuah hasil yang dapat dimanfaatkan, digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai produk yang tertampil di atas, dilaksanakan dalam pembelajaran yang melibatkan peran siswa dan instruktur. Untuk ke depannya akan diterapkan pembelajaran berbasis produk dengan melibatkan siswa secara total, sehingga skill yang dimiliki siswa benar-benar siap pakai. Dalam hal mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tentunya akan diinginkan sebuah pembelajaran yang menghasilkan dan bermanfaat. Tentunya hal ini telah dicanangkan oleh Rasulullah saw. "al ilmu yanfau" (ilmu pengetahuan yang bermanfaat). Ada beberapa kajian tentang hasil produk yang jika dilaksanakan oleh seorang guru Agama Islam ketika dia telah melaksanakan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam sebuah kelasnya. Seiring diimplementasikannya kurikulum 2013 ini, diharapkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di sekolah menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh peserta didiknya di kelas. Oleh karena itu tujuan dari penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PAI.

References

Agustin, Risa, Kamus Ilmiyah Populer, Surabaya: Serba Jaya, 2010.

Firmanasari, Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan Nasional, 2011.

Muhaiminin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2009.

Noerazizah, "Pengaruh Metode Proyek trehadap hasil Belajar Biologi Siswa kelas X pada Konsep Pencemaran Lingkungan" Skripsi pada Universitas Islam Negeri Jakarta, Jakarta, Jakarta, 2008.

Rais Muh., " Model Project Based Learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa" Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2010.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Preneda Media Group, 2008.

Silberman, Melvin. Active learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung : Nusa media, 2011.

Suci Ni Made, "Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan PartisipasiBelajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha", Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2008.

Susanti, Elly Ika, "Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Karang Binangun Lamongan" Skripsi pada Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, 2008.

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Purnawanto, A. T. (2020). Penerapan Metode Proyek dalam Pembelajaran PAI. JURNAL PEDAGOGY, 12(2), 1–11. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1

Issue

Section

Articles