Refleksi Tentang Hakekat Dan Tujuan Umum Pendidikan Perspektif ISLAM (Studi Terhadap Pemikiran Israr Ahmad Khan)

Authors

  • Yeri Utami PGMI STAI Muhammadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.102

Abstract

Artikel ini membahas tentang hakekat dan tujuan umum pendidikan dalam perspektif Islam menurut pemikiran Israr Ahmad khan, seorang profesor dari IIUM yang menulis karya berjudul Towards Understanding Islamic Paradigm of Education, telah memaparkan tentang hakikat serta tujuan umum pendidikan dalam perspektif Islam. Pada tulisan tersebut terdapat gagasan-gagasan besar tentang sistem pendidikan Islam. Menurutnya, perlu dilakukan peninjauan ulang mengenai sistem pendidikan yang telah diterapkan di dunia Muslim untuk memajukan pendidikan tersebut. Selain itu perlu diterapkan beberapa prinsip penting. Prinsip-prinsip dasar tersebut diantaranya: 1) Penyatuan kurikulum sekuler dan agama, 2) Pendekatan rasional dan kritis dalam proses belajar mengajar, 3) Proses penelitian dan pengembangan secara terus-menerus berdasarka tiga hal yaitu pengetahuan, penerapan pengamatan dan penyelidikan mendalam ke dalam validitas ide-ide yang tergabung dalam pengetahuan dan pengembangan bentuk dan substansi pengetahuan yang baru, 4) Perbaikan dan reorientasi disiplin ilmu, 5) Hubungan guru dan siswa yang diatur berdasarkan cinta, hormat dan nilai-nilai dasar manusia lainnya.

References

Ahmad, Abu & Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagir dan Zainal Abidin. 2008. Integrasi Ilmu dan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

El-Qurtuby, Usman, dkk. 2020. Al-Qur'an Hafalan Mudah, Terjemahan dan Tajwid Warna. Bandung: Cordoba.

Mahmudi. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Mas'ud, Abdurrachman, dkk. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riadi, Dayun, dkk. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurnal: http://www.i-epistemology.net/education/348/-towards-understandingislamic-paradigm-of-education.html.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Utami, Y. (2021). Refleksi Tentang Hakekat Dan Tujuan Umum Pendidikan Perspektif ISLAM (Studi Terhadap Pemikiran Israr Ahmad Khan). JURNAL PEDAGOGY, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.102