Moderasi Beragama Dalam Pedidikan Islam

Authors

  • Siti Nur'aini PGMI STAI Muhammadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.105

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menjawab dan mengatasi problematika yang terjadi di tengah masyarakat. Pendidikan Islam mempunyai tanggung jawab untuk menjebatani munculnya berbagai persoalan sosial di masyarakat, terutama yang berkaitan dengan nuansa paham keagamaan. Pendidikan Islam masih dihadapkan dengan munculnya sentimental paham keagamaan yang ditimbulkan oleh perbedaan cara pandang dalam memahami agama. Pendidikan Islam berkontribusi dalam mempertahankan penyebaran pemahaman keagamaan yang moderat. Kedalaman ilmu agama yang didapat dalam pendidikan keagamaan seperti pesantern dan madrasah serta optimalnya kiprah para ulama dan kiai yang mnjadi rujukan perilaku keberagaman masyarakat. Moderasi beragama hadir sebagai narasi penyeimbang dalam menjembatani kemunculan wacana paham keagamaan yang membawa paham radikal, ekstrem dan intoleran. Persoalan paham keagamaan merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan penanganan secara instan. Moderasi beragama hadir melalui pemberian materi-materi strategi yang tepat dalam penguatan terhadap pemahaman keagamaan keindonesiaan.

References

Dhofier Zaarkhsyari, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta :LP3ES, 1982

Hadi Purnama M, Strategi PeningkatanMutu Madrasah Tsanawiyah penelitian Kualitatif terhadap Strategi Peningkatan Mutu MTs Neeri Kabupaten Jember Jawa Timur, Disrtasi , Bandung :UPI , 2015

Hanafi Mukhlis M, Konsep Al Wasathiahdalam Islam. Harmoni : jurnal Multikulturak dan Multireligious, Vol VIII Nomer 32, Oktober-Desember 2009

Idris Ja'far . Wasathyah Tanpa Tamayyu'iyyah, Al Bayan .com 14 Agustus 2016

Misrawi Zuhairi, Hadratussyaikh Hasyim Asyari Moderasi, Keutamaaan, dan Kebangsaan, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010

Mubarok , M. Zaki, Geneologi Islam Radikalis Di Indonesia, Jakarta, LP3ES:2008

Muhatrarom Ali, Idiologi dan Lembaga Pendidikan Islam Transisional di Indonesia:

Kontestasi, Aktor, dan Jaringan, Yogjakarta: Zahir Publishing , 2019

Renstra Direktorat Jendral pendidikan Islam Kementrian Agama RI Tahun 2015-2019

Tafsir, Ahmad Ilmu Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam, Bandung :PTRemaja Rosdakarya, 2008

Tim penyusun Kementrian Agama , Moderasi Beragama , Jakarta : Badan Balitbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2019

Yanggo, Huzaimah T, Moderasi Islam dalam Syariah, Jurnal Mizan, Vol 2, No 2

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Nur’aini, S. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pedidikan Islam. JURNAL PEDAGOGY, 14(1), 88–106. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.105