Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Dasar Matematika Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI)
DOI:
https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.109Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah (PGMI) pada mata kuliah Pembelajaran Matematika SD/MI khususnya bilangan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PGMI STAI Muhammadiyah Blora. Sample penelitiannya yaitu 5 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Tes menggunakan instrumen diagnotis yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index) untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Non tes menggunakan wawancara kepada mahasiswa untuk mengetahui alasan mengapa mahasiswa mengalami miskonsepsi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa 34 % mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep bilangan. Presentase miskonsepsi tertinggi terdapat pada konsep perkalian dan pembagian yaitu sebesar 24,89 % dan presentase miskonsepsi terendah pada konsep bilangan rasional yaitu sebesar 4,63 %. Faktor utama penyebab terjadinya miskonsepsi bersumber pada sumber belajar dan pemikiran sendiri.References
Aygor, N. 2012. Misconceptions in Linear Algebra: The Case of Undergraduate Students. Procedia Social and Behavioral Sciences. (46): pages 2989"”2994.
Dzulfikar, A. Vitantri, C. A. 2017. Miskonsepsi Matematika pada guru Sekolah Dasar. Suska Journal Mathematics Education, III (1), hlm 41-48 games," in 2010 International Conference on Networking and Digital Society, ICNDS 2010, 2010, vol. 1, pp. 286–289.
Gradini, E. 2016. Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di Dataran Tinggi Gayo. Numeracy, III(2), hlm 52–60.
Hansen, A. (2006). Children Errors in Mathematics: Understanding common misconceptions in primary school. Exeter: Learning Matters.
Hassan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the Certainly of Response Index (CRI). Phys. Educ, 34(5),294–299.
Kurniasih, M. D. (2017). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa dengan Menggunakan Certainty of Response Index ( CRI ) Pada Materi Anatomi Tubuh Manusia. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 1–11.
Marsigit, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik,
Pengembangan Karakter dalam Pendidikan Matematika, 2011, UNY
Press, Yogyakarta.
Murni, D. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Prosiding, Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013. Lampung: Universitas Lampung.
Orton, A. (2006). Learning Mathematics 3rd edition: Issues, Theory and Classroom Practice. Cornwall: MPG Books Ltd.
Prodjosantoso, A., & Irwanto, I. (2019). The Misconception Diagnosis on Ionic and Covalent Bonds Concepts with Three Tier Diagnostic Test The Misconception Diagnosis on Ionic and Covalent Bonds Concepts with. International Journal of Instruction, 12(1), 1477–1488.
J. P. Purwaningrum and H. S. Bintoro, "Miskonsepsi matematika materi bilangan pada mahasiswa calon guru sekolah dasar," Prosiding Seminar Nasional MIPA., vol. 1, no. 1, pp 173-180, 2019, [Online]. Available:https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/SNMIPA/article/view/193
Septiana, D., & Noor, M. F. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice. EDUSAINS, VI(2), 193–200.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Sumardyono, et al. 2009. Laporan Penelitian: Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Penguasaan Istilah dan Simbol Matematika. Yogyakarta: P4TK Yogyakarta.
Thompson, F., & Logue, S. (2006). An Exploration of Common Students Misconception in Science. International Education Journal, 7(4), 553–559.
Trisnawati, E. 2019. Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Dasar Ipa Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri). Jurnal Dialektika PGSD.
Wafiyah, N. 2012. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Faktor-faktor Penyebab pada Materi Permutasi dan Kombinasi di SMA N 1 Manyar. Gramatika II (2), hlm 128- 138.
Wijaya, C. P., H, S. K., & Muhardjito. (2016). The Diagnosis of Senior High School Class X MIA B Students Misconceptions about Hydrostatic Pressure Concept Using Three-Tier. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 14–21.