Implementasi Pembelajaran Qur'an Hadist Melalui Media Google Sites Di SMK Muhammadiyah 2 Blora Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.110Abstract
SMK Muhammadiyah 2 Blora adalah salah satu lembaga pendidikan dibawah naungan Dikdasmen Muhammadiyah Daerah Blora yang mengembangkan suatu pendidikan keagamaan, seperti pelajaran Qur'an Hadis, di dalam pelajaran materi Qur'an Hadis itu sendiri mencangkup materi suatu dalil, hadis maupun ayat al-Qur'an. Sehingga pada saat ini pada masa pandemi semua kegiatan dilakukan dengan sistem daring atau PJJ (pembelajaran jarak jauh) yang menggunakan sebuah media, sehingga bagaimana seorang guru dalam menyampaikan pelajaran tersebut agar bisa tercapai sebuah tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1). konstruksi perencanaan pembelajaran AlQur'an Hadis melalui media google sites di SMK Muhammadiyah Blora (2). pelaksanaan pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran Hadis di SMK Muhammadiyah 2 Blora (3). evaluasi hasil belajar berbasis daring pada mata pelajaran Hadis di SMK Muhammadiyah 2 Blora. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan sebuah analisis deskriptif kualitatif. Konstruksi perencanaan seperti seorang guru menyiapkan sebuah RPP, membuka aplikasi google sites berbasis web. Pelaksanaan pembelajaran seperti sebelum kegiatan pembelajaran inti dimulai seorang guru melakukan kegiatan kabar dan absensi di media pembelajaran melalui aplikasi wa, kegiatan inti seorang guru mengirimkan file pdf/ word sebagai resuman materi, penggunaan strategi seperti membaca, penggunaan alokasi waktu pembelajaran daring. Evaluasi seorang guru mengirimkan sebuah file penugasan dengan bantuan google form untuk absensi dan untuk dikerjakan oleh peserta didik sebagai uji kemampuan dari hasil belajar yang dilaksanakan, dalam pengerjaan kegiatan evaluasi ini seorang guru memberikan sebuah batas waktu dalam pengerjaan soal yang diberikan kepada peserta didik, apabila batas waktu habis maka peserta didik tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh seorang guru pada media google sites.References
Ahmadi, Rulam, Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif, (Malang: UM Press,2005)
Alwi, Muh, Pengantar Al-Qur'an dan Hadis Untuk Indonesia, (Yogyakarta:CV Budi Utama, 2012)
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2013)
Dasopang," Muhammad Darwis, Belajar dan Pembelajaran,"Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2 Desember 2017
Hadi, Sutrisno, Metodologi Reserch, (Yogyakarta:Andi Offset, 2008)
Jaya, Farida, Perencanaan Pembelajaran, (Medan:Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sumatra Utara,2019)
Malyana. Andasia, Pelakasanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 2, No. 1 (2020)
Mariana, I Made Alit, Pengantar Perencanaan Pembelajaran di Sekolah. (Bali: LPMP, 2016)
Miftah. M. Fungsi dan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kawangsa Vol. 1. Nomor 2 Desember 2013.
Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006)
Nasution, Metode Research: Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), Cet. 2
Nursobah, Ahmad, Perencanaan Pembelajaran MI/SD, Pamekasan:Duta media, 2019)
Purandiana, Putu Yoga, Pendidikan Krakter dilingkungan Keluwarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19, Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2020)
Rusydi Ananda, Perencanaan Pembelajaran, (Medan:Lembaga peduli pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)),hal.3
Sholihin, Penelitian Hadis, Jurnal Ilmu Hadis1, (September 2016)
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta : Rajawali, 2006)
Sugiyono, Metode Penelitian AdMinistrasi, cet. 9 (Bandung: Alfabeta, 2002)
Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004).