Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Agama Islam di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Blora Tahun 2015
DOI:
https://doi.org/10.63889/pedagogy.v10i2.17Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi peningkatan profesionalisme guru Agama Islam, profesionalisme guru Agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Blora dan faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Blora. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif, dan memakai jenis desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi peningkatan profesionalisme guru agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Blora dilaksanakan dalam bentuk kebijakan dan program perbaikan produktivitas guru agama, peningkatan keterampilan mengajar melalui pelatihan, seminar, Kelompok Kerja Guru (KKG), peningkatan kesejahteraan, dan penambahan sarana prasarana pembelajaran agama Islam dengan penyediaan buku-buku keagamaan dan penambahan ruang kelas pembelajaran. Dalam pelaksanaan kebijakan program peningkatan profesionalisme guru agama Islam kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Blora belum secara maksimal melaksanakan peran sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovatordan motivator(EMASLIM). Peran sebagai administrator, innovatordan peran tambahan sebagai enterpreneurship(jiwa kewirausaan) belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan terkendala dana, sarana prasarana dan fasilitas pengembangan di sekolah. Kedua, profesionalisme guru agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Blora sudah memenuhi standart profesional, seperti kualifikasi pendidikan, kompetensi dan sertifikasi pendidik. Namun masih ada guru agama di SD Muhammadiyah 1 Blora yang secara administrasi memenuhi standar professional tetapi masih rendah kemampuan kompetensi, seperti kompetensi professional dan kepemimpinan guru agama Islam. Ketiga, faktor pendukung peningkatan profesionalisme guru agama Islam di SD Muhammadiyah I Blora yaitu l) ketersediaan guru agama Islam yang mencukupi, 2) dukungan dari sekolah, orangtua dan persyarikatan Muhammadiyah, 3) dukungan kerjasama dengan perguruan tinggi Muhammadiyah di Blora dan pemerintah daerah kabupaten Blora. sedangkan faktor penghambat peningkatan profesionalisme guru agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Blora, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi dari guru agama Islam itu sendiri, seperti motivasi dan kebutuhan untuk meningkat profesi lebih berkualitas. Sedangkan faktor eksternalnya adalah dari sumber daya meliputi keuangan, sarana prasarana, kebijakan sekolah, yayasan, pemerintah daerah.References
Akdon, 2007., Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan), Bandung: Alfabeta, cet. 2.
An-Nahlawi,Abdurrahman.1996. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press.
Arcaro, Jerome. 2007. Pendidikan Berbasis Kualitas: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara. cet. 2.
Arikunto. Suharsimi dan Safrudin. Cepi. Jabbar, Abdul. 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Bafadal,Ibrahim.2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Deni. Koswara dan Triatna, Cepi. 2010. Management Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Hamalik,Oemar.2006.Pendidikan Guru,Jakarta: Bumi Aksara.
Harsono. 2008. Konsep Dasar Mikro, Meso dan Makro Pembiayaan Pendidikan, Yogyakarta: Suraya Jaya Press.
Indafacrudi, Soekarto. 2006. Bagaimana Memimpin Kepala Sekolah yang Efektif,Bogor: Ghalia Indonesia.
Indrafachrudi Soekarto. dkk, 1983. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
J. Hunger. David dan Thomas L. Wheelen, 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
J. Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementrian Agama RI, 2011. Modul Pengembangan Profesionaliem Guru PAI (Materi Peningkatan Profesionalitas GPAI SD, Jakarta: Direktorat PAI Dirjen Pendis.
Marrus, 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksa.
Mufidah. Nur, Luk-luk. 2008. Supervisi Pendidikan, Jember: Center for Society Studies.
Muhaimin, 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah,dan PerguruanTinggi. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.
Mulyana. E.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kelima. Bandung: Remaja Rosdakarya.
--------------, 2005. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
--------------, 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. --------------,2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, Soekidjo. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Nurdin,Syafrudin.2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum Ciputat:Pers.
Rohiat, 2008. Manajemen Sekolah, Bandung: PT. Refika Aditama.Rosyidi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik, Bandung : Pustaka Pelajar.
Siagian, 2004. Metodologi Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata,S.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum,Jamil.2013.Guru Profesional:Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Swasto, Bambang. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Tanzeh, Ahmad. 2004. Metode Penelitian Praktis, Jakarta: Bina Ilmu.
Tim Depag RI, 2004. Standar Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Depag RI.
Tim Penyusun Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1997.Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka.
Udin.Syaefudin.Saud, 2009.Pengembangan Profesi Guru,Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,2010. Bandung: Citra Umbara.
UURI. No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2006.Bandung: Citra Umbara.
Wahjosumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Yasin.Fatah.2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Yogyakarta: SuksesOffset.