Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pinnacle Studio Plus terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI STAI Muhammadiyah Blora
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Pinnacle studio plus terhadap motivasi belajar Mahasiswa PGMI pada mata kuliah Pembelajaran IPA di STAI Muhammadiyah Blora. Temuan ini maka dapat diuraikan hasil pretest Mahasiswa yang memperoleh nilai tertinggi adalah 2 orang Mahasiswa (22%), yang mendapat nilai sedang 5 orang Mahasiswa (56%) dan yang mendapat nilai rendah 2 orang Mahasiswa (22%). Dan posttest Mahasiswa yang memperoleh nilai tertinggi adalah 5 orang Mahasiswa (65%), yang tergolong sedang 3 orang Mahasiswa (25%) dan yang mendapat nilai terendah adalah 1 orang Mahasiswa (10%). Ketiga, signitifkan pengaruh motivasi belajar Mahasiswa sebelum dan sesudah dengan membandingkan besarnya "r" yang peneliti peroleh dalam perhitungan (ro= 1,004) yang tercantum pada tabel nilai t (rtabel5% = 0,367 dan rtabel1% =0,470) maka dapat diketahui bahwa ro lebih besar dari pada rtabel yaitu: 0,3670,470. Dalam hal ini penerapan aplikasi Pinnaclle Studio Plus dalam Perkuliahan dapat meningkatkan motivasi belajar Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA di PGMI STAI Muhammadiyah Blora.References
Setyaningsih.(2012). Pengembangan Mutimedia Perkuliahan dengan Aplikasi Pinnaclle Studio PlusMata Kuliah IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Benda Kelas III SD 1 Ngadirejo. Sukamto.(2016). M o tiv a si P e r k ulia h a n. Yogyakarta: Ar-ruz Media. Sukartono. (2017). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal FIPPGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. Supardi.(2013). Sekolah Efektif (Konsep Dasar dan Praktiknya). Jakarta: Rajawali Pers. Yamin, M. (2011). Motivasi Belajar. Bandung: Pustaka Setia. Abdullah, F. (2014). Motivasi Anak Dalam Belajar. Palembang: Noer Fikri. Hermansyah, A. R. (2011). Video Editing dengan Pinnaclle Studio Plus 10. Garut: Jawa Barat: Filla Frees. Hermawan, W. (2009). Video Editing dengan Pinnaclle Studio Plus11.5. Semarang: Wahana Komputer. Prabawati, T. (2010). Pinnaclle Studio Plus. Semarang: Wahana Komputer. Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supardi.(2013). Sekolah Efektif (Konsep Dasar dan Praktinya). Jakarta: Rajawali press. Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis Dibidang Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara. Yulpan, F. (2016). Mengenal Pinnacle Studio PlusStudio. Semarang: Wahana Komputer.