Metode Pembinaan Pengamalan Beribadah Guru pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Blora Tahun 2015

Authors

  • Moh Munawar Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Metode pembinaan pengamalan beribadah siswa SMK Muhammadiyah 2 Blora; 2) Peran guru dalam pembinaan pengamalan beribadah siswa SMK Muhammadiyah 2 Blora.; dan 3) Pengamalan beribadah siswa SMK Muhammadiyah 2 Blora Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, dan guru PAI. Objek penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Blora dengan fokus penelitian pembinaan pengamalan beribadah siswa, sedangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data, member check, penyusunan data base, uji kredibilitas dan penyusunan bukti mata rantai penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang diperkuat dengan dengan perhitungan kuantitatif. Hasil analisis ini menyimpulkan: 1) Metode guru pendidikan agama Islam dalam membina pengamalan beribadah siswa diklasifikasi menjadi dua yakni teoritis dan praktik. Segi teoritis dilakukan dengan cara memberikan pengajaran yang sesuai dengan syariat, seperti membaca al-qur'an, shalat, dan do'a. Dari segi praktik dengan memberikan bimbingan dan pengawasan seperti membaca al-qur'an untuk siswa yang belum bisa membaca al-qur'an, memberikan bimbingan praktek shalat, memberikan bimbingan hafalan surat dan doa-doa sehari-hari. Kemudian yang terakhir memberikan pengawasan kepada siswa. 2) Peran guru PAI dalam pembinaan pengamalan beribadah meliputi memberikan pengajaran, bimbingan dan pengawasan. 3) Secara keseluruhan pengamalan beribadah siswa yang meliputi: membaca al-Qur'an, shalat dhuha, shalat fardhu dan berdoa sehari-hari dari segi intensitasnya sudah baik, walaupun masih ada yang kurang maksimal yakni tentang kebiasaan shalat sunnah yang direpesentasikan di sekolah menjalankan shalat sunnah Dhuha. Aspek psikomotorik siswa dengan indikator menjalankan kegiatan ibadah praktik di sekolah sudah menunjukkan nilai prosentase yang baik, sehingga penelitian ini mendukung teori bahwa Agama Islam sangat mementingkan pendidikan kebiasaan, dengan pembiasaan itulah diharapkan siswa mengamalkan ajaran agamanya secara berkelanjutan (terutama ibadah). siswa mengamalkan ibadah di sekolah

References

Appandi, Hoer, " Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2014 , Tesis (UMS, 2014 Arifin, H.M, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2000 Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2001 Darajat, Zakiah, I1mu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1996, Cet. Ke-15 Departemen Agama RI, Al - Qur'an Dan Terjemahnya, Bandung: PT. Syamil Cipta Media 2005 Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Ditjen. Dikdasmen, 2003 E. Lliot.W. Eisnes, The Educational Imagination , New York : Macmillon Publishing company, t.th Elliot W. Lisner, The Educational Imagination On the Design and Evaluation of School Programs Second edition , New York: Macmillan Publishing Company, 1985 Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeve, 1999), cet. ke-3, jilid II Hadi, Sutrisno, Metodologi Reserch , Yogyakarta:Andi Ofset, 2005 Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2001 Hamid, Sjaiful, Tuntunan Praktis Shalat, Dzkir dan Doa, Jakarta: Masjid Agung Sunda Kelapa, 2004 Kaelany, Islam Iman dan Amal Saleh, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2000 Karsidi, Rovik, Sosiologi Pendidikan, Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UPT Percetakan UNS/UNS Perss, 2005, cet. I Kholiq, Abdul (eds), Pemikiran Pendidikan Islam : Kajian Tokoh Klasik dan K ontemporer, Semarang, : Pustaka Pelajar, 2004, Cet. 2 Majieb M. Abdul et. al, Kamus Istilah Fiqih , Jakarta : PT Pustaka Firdaus, 1995, cet. ke-2 Mudjib, Abdul, Fikih Ibadah, Surabaya: Al-Ikhlas, 2000 Muhammad Tholhah Hasan, Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lantabova Press, 2005 Muhdlor, Zuhdi Atabik Ali, Ahmad, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta : Multi Karya Grafika, 1996, cet. ke-V Nasution, Metode Research: Penelitian Ilmiah, Cet. 2 Jakarta: Bumi Aksara, 1996 P e d o m a n P e nin g k a t a n K eim a n a n d a n K e t a q w a a n Sis w a S L T P / S M U / S M K,

(Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Keagamaan Guru, 2012) hlm, 27-28 Rasjid, Sulaiman, Fiqih Islam, Bandung: Sinar Baru, Aglesindo, 2010, Cet. Ke-4 Raudlatul Mubtadiin's Blog Santri, "Kumpulan Doa", dari http://ppraudlatulmubtadiin.wordpress.com, 25 Januari 2015 S. Natution. Didaktik Asas-asas Mengajar , Bandung: PT. Jemmars, 2005, Ed.2, Cet Ke-1

Sa'id in Ali bin Wahf Al-Qahthani,

M e r aih B e r k a h D e n g a n S h ala t B e rja m a'a h . Jakarta:

Pustaka At-Tazkia, 2005 Sabri, M.Alisuf, Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2006, Cet. Ke- 4 Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar , Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000,Cet. Ke-19 Shiddieqy, Hasbi Ash, Kuliah Ibadah: Ibadah Ditinjau dari segi Hukum dan Hikmah , Jakarta: Bulan Bintang, 2004, cet. ke-8 Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan , Jakarta : Rajawali, 1996 Sudijono, Anas, Tehnik Evaluasi Pendidikan Suatu Pengantar , Yogyakarta:UD. Rama, 2006 Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar , Bandung : Sinar Baru, 1999 Sudjana , Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2004 Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2006, Cet.1 Sugiyono, Metode Penelitian AdMinistrasi, cet. 9, Bandung: Alfabeta, 2002 Surya, Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Guru Profesional, Sejahtera, dan Terlindungi, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006 Susilo, Slamet " Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun 2013 , Tesis,

Surakarta : UMS, Fak. MPDI : 2013 Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2012 Tantawi, Muhammad Sayyid, Ijtihad dalam Teologi Keselarasan, Surabaya : JP BOOKS, 2004 Tarian, Henry G,

Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa , Bandung: Angkasa,

The New Oxford Illustrated Dictionary, Oxford University Press, 1982 Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,

Kamus Besar Bahasa

Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2012), ed. 3. Cet. II Tirmidzi, Imam, Jami' Shahih Sunan Tirmidzi , Juz 5, Beirut: Darul Ihya Turast Arabi, tt Uhbiyati, Nur. H. Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2001 Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara, 2011 Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara, 2006 Zainuddin, Rahman Ritonga, Fiqih Ibadah , Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007), cet. ke-11 Zuhairini, dkk., Metodik Khusus Pendidikan Agama , Surabaya: Usaha Nasional, 2013

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Munawar, M. (2019). Metode Pembinaan Pengamalan Beribadah Guru pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Blora Tahun 2015. JURNAL PEDAGOGY, 12(2), 49–60. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/5

Issue

Section

Articles