Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Teknik Pencatatan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sholat Sunnah Kelas IX (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Blora)

Authors

  • Siti Nuraini Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Muhammadiyah Blora

Abstract

Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Teknik Pencatatan Min d M a p pin g Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Penguasaan Konsep Mata Pelajaran PAI Materi Sholat Sunnah Kelas IX ( Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Blora ) Pembelajaran Kontekstual (CTL) mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan, artinya CTL bukan hanya mengharapkan siswa dapat memahami materi yang dipelajarinya, akan tetapi bagaiman materi pelajaran itu dapat mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari – hari. Materi pelajaran dalam konteks CTL bukan untuk ditumpuk di otak dan kemudian dilupakan, akan tetapi sebagai bekal mereka dalam mengarungi kehidupan nyata. Kemudian melakukan refleksi pada akhir pertemuan dan pada tahap akhir melakukan penilaian otentik yang betul-betul menunjukkan kemampuan siswa. Terdapat pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa, pengaruh teknik pencatatan mind mapping terhadap hasil belajar siswa, pengaruh interaksi metode pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Dalam uji hiotesis di nyatakan bahwa metode CTL dan Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruan

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan . Bandung: Rosda Karya Remaja. Bahaudin. Taufik. 1999. Brainware Management: Fifth Generation of Human Management. Elex Media Komputindo: Jakarta Buzan, Tony. 2004. Memahami Peta Pikiran. Batam: Interaksa. Buzan, Tony. 2004. Mind Map Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Ma'mun. Abin Syamsudin. 2000. Adolescent Education Psychology Rosda Karya.Bandung Mulyanto, A. 2009. Mind Map Sebagai Teknik Mencatat. Dari http://mulyanto.blogdetik.com. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2009. Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Porter, B dan Hernacki, M. 2002. Quantum Learning. Bandung: Kaifa. Riyanto, Yatim. 2009. Paradigman Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana.Rostikawati. 2008. Mind Mapping Dalam Metode Quantum Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar dan Kreatifitas Siswa. Dari http://pkab.wordpress.com. Diakses pada tanggal 2 September 2009.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Nuraini, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Teknik Pencatatan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sholat Sunnah Kelas IX (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Blora). JURNAL PEDAGOGY, 12(2), 94–109. Retrieved from https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/8

Issue

Section

Articles