Penilaian Masyarakat Terhadap Tata Kelola Berbasis On-line Polres Blora Tahun 2021

Authors

  • M Nurul Ulum PGMI STAI Muhammadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.87

Abstract

Institusi kepolisian Republik Indonesia masih dipandang buruk sebagai lembaga yang belum maksimal dalam melayani masyarakat meskipun pelayanannya sudah berbasis On-Line, beredarnya berita yang berkembang dimasyarakat saat ini menambah citra Institusi kepolisian harus mengubah pola pelayanan kepolisian terhadap Masyarakat. Penelitian ini menggunkan metode campuran atau sering disebut dengan method dan kualitatif analisis data faktor internal dengan 42 responden 16 satuan fungsi Polres, kemudian analisis data eksternal dengan 51 responden. Berdasarkan hasil analisis data dapatdari faktor internal bahwa kondisi masyarakat aman terjaga. Selanjutnya dari faktor eksternal bahwa masyarakat kabupaten Blora tahun ini menggunakan pelayanan berbasisnOn-Line dari Polres Blora, keberadaan FKPM cukup efektif dan penyuluhan bhabinkamtibmas merata diseluruh wilayah, inisiatif anggota Polres tinggi, sikap personel Polres baik dan cepat dalam hal pelayanan SIM. Pengendalian korupsi hampir tidak ada,jarangnya kekerasan yang dilakukan personil Polres, serta bertindak adil melayani masyarakat, jarangnya konflik yang terjadi dimasyarakat menjadi kesuksesan Polres Blora dalam pelayanan terhadap masyarakat.

References

Banurusman.( 2012), Polisi Masyarakat dan Negara. Jakarta: Indra Grafika.

Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra,( 2011) Service, Quality & Satisfaction, Edisi Ketiga, Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--dampak-pandemi-covid-19-bagi- penyelenggaraan-pelayanan-publik diakses pada hari: Minggu,3 Mei 2021.

Jhon. W Creswell. Research Design, 2012) Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Jogiyanto H.M. dan Willy A. (2011 Sistem Tatakelola Teknologi Informasi. Andi, Yogyakarta.

Keban, Yeremias (2012) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Kotler, Philip. (Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia, 2005).

Sugiyono, ( 2011) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono, (2008) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. Ke 8.

Published

2021-11-08

How to Cite

Ulum, M. N. (2021). Penilaian Masyarakat Terhadap Tata Kelola Berbasis On-line Polres Blora Tahun 2021. JURNAL PEDAGOGY, 14(1), 20. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v14i1.87